Sunday 6 August 2017

Kotak Hitam yang Mencerahkan

HALLO readers! Kenalin, Gua Andre. Seorang anak yang berasal dari Bandung Kab. Bandung yang bersekolah di SMK (yang katanya sih Bisa). Dan sekarang gua bakal nyeritain kenapa sih milih zenius sebagai salah satu sumber belajar gua...

Btw, Zenius adalah suatu platform belajar yang berbentuk video (yang berupa CD,DVD, dan Online ), berisi materi sekolah dari SD sampe SMA, dan ada juga video-video buat nyiapin tes masuk PTN, terutama SBMPTN.

Awal cerita gimana gua bisa ketemu sama barang sakti ini, yaitu pas gua lagi bingung-bingungnya gimana belajar buat masuk PTN. Mengingat gua ini anak SMK yang gak pernah belajar materi-materi SAINTEK, dan BAHKAAANN gua pun masi bego di TKPA wkwkw. Tapi awalnya sih gua Cuma nyari sumber belajar buat masuk Politeknik Negeri doang, karena gua pengen nerusin pendidikan vokasi,yg udh gua mulai dr SMK. Terus secara gak sengaja gua liat iklan gaje gitu (sorry zen wkwkw), dan nama produknya gua blm pernah denger sebelumnya, dan gua langsung klik tuh iklannya, dan gua langsung baca info tentang zenius ini. Dan ternyata ini tuh produk yang intinya punya video-video materi yang bisa menunjang kita buat tes masuk PTN. Dan kemudian, gua langsung pergi ke distributor zenius cabang Bandung di sekitaran Salman ITB, buat beli si kotak hitam,Xpedia 2.0.


Bahkan gua sampe ngetweet kalo barangnya udh sampe. wkwkw alay emang

Setelah Si Kotak Hitam ini ada di rumah gua, langsung abisin DVD Zenius Learning, yang merupakan kunci gimana caranya belajar cara Zenius, yang menekankan pemahaman konsep daripada hafalan semata. Dan Setelah abisin Zen Learning, gua cobain liat video-video Matdas, dan disitu gua sangat terpukau. Gua jadi tau kalo selama ini cara belajar gua salah banget. Pantesan aja gua gak pernah bisa sama yg namanya matematik. Gua selalu kena remed tiap ulangan harian dan UTS/UAS dari kelas 10 sampe kelas 11. Dan memasuki Ulangan pertama matematika di kelas 12, gua gak remed. Dan gua bisa kerjain 8 dari 10 soal. Emang keren banget banget banget deh ini zen, bisa merekonstruksi cara belajar gua yang salah selama bertahun-tahun :v Sayangnya, di semester 2 gua udah jarang make zenius, soalnya nyaris 2 bulan gua mempersiapkan diri buat Uji Kompetensi. Selain itu gua juga masih agak males pas udah mendekati SBMPTN 2016. Dan hasilnya.. gagal total.

Gua juga ikut beberapa UM, kayak UTUL UGM, SM UNS, dan UM ITB Cirebon. Dan hasilnya gagal semua. Total gua gagal 6 kali dalam perjalanan gua mendapatkan kampus, yaitu 5 kali oleh PTN, dan 1x oleh PTS. Setelah kegagalan demi kegagalan pada tahun 2016, gua memutuskan untuk gap year, dan bertekad bakal pake zenius lebih serius daripada tahun ajaran lalu. Di masa-masa nge-gap, gua ngulangin lagi video zen learning dari awal. Gua juga mulai nyoba bikin mind-map, dimana pas kelas 12 ga pernah gua bikin mind-map. Gua juga mulai beli lagi Voucher Zenius.net selama setahun, karena gak setiap hari gua bawa laptop. Dan sejak tahun ajaran 2016/2017, di Portal zenius club (hyperlink zenius.net/club) mulai rutin diadakan TO. Ini juga menjadi salah satu benefit pake zenius. Ini jadi salah satu benefit pake zenius. Lu bakal tau progress belajar lu udah sampe mana, dan tolak ukur belajar lu bisa diliat dari hasil TO.

Sekarang, gua ngerasa belajar bukanlah sebagai beban, tetapi memang udah jadi kebutuhan. Dan disini gua juga tau, bahwa belajar buat SBMPTN itu bukan buat sekedar lulus doang, disini kerangka berpikir lu di asah, dan itu bakal bermanfaat seumur hidup

Setelah menjalani masa-masa gap, SBMPTN pun tiba. gua ngambil 1 jurusan di 3 universitas yang berbeda. Btw gua ga ikut tes apapun selain SBMPTN, karena mulai thn ini UTUL UGM membatasi pemilihan jurusan buat lulusan SMK, pas buka webnya gua cuma bisa ngambil Teknologi Informasi doang, padahal gua pengen PWK sama Teknik Industri wkwk. Dan tahun inipun SIMAK kelas reguler gak dibuka lagi, which is tinggal buka yang kelas paralel yang uang pangkalnya selangit, dan gua memutuskan gak ikut SIMAK. Jadi enggaknya gua buat kuliah di PTN tahun ini pun hanya bergantung pada hasil SBMPTN.

5 hari pasca SBMPTN, gua ikut UM salah satu PTS di Kota Bandung, karena gua udah pasrah bgt sama hasil SBMPTN nanti,dan singkat cerita gua lulus dan daftar ulang. Nah setelah menunggu pengumuman 28 hari, dan hasilnya adalah...


Walaupun di quick count sih katanya gua lolos pilihan kedua, tp realnya gua dapet pilihan 3. Gua seneng bgt akhirnya tahun ini bisa lolos SBMPTN. Akhirnya gua yang anak SMK pun bisa dapet PTN yang bereputasi cukup baik, walaupun bukan PTN top 3 hehehe...

Dan sekarang, ini kesimpulan gua kenapa gua milih Zenius sebagai teman belajar selama kurang lebih dua tahun. Nah ini dia kesimpulannya :

1. Zenius menawarkan video yang menekankan konsep. Kata Sabda, ngapal tuh cara belajar yang paling dangkal. Dan emang realitanya gitu, gua dulu gak pernah bisa dalam pelajaran math, karena cara belajar gua salah. Dan setelah gua belajar pake konsep, pelan pelan gua udah ga kesulitan lagi dalam bermatematika.

2. Deliberate Practice. Video-video di zenius udah tersusun secara deliberate practice, sehingga kemampuan kita akan meningkat. Walaupun, dalam realitanya gak gampang menjalani Deliberate Practice.

3. Bisa dipake dimana aja dan kapan aja. Lu ga perlu dateng ke tempat bimbel, dan tentunya lu gak bakal terikat waktu.

4. Nambah temen, wkwkwk kalo lu pake zenius pasti ada aja grup line zenius. Entah itu buat Saintek, Soshum, dan Alumni . Pas belajar SBMPTN, gua beberapa kali kumpul dengan sesama Zenius User di Kota gua buat belajar bareng di Mesjid Salman. Dan sekarang pun gua sekampus sama temen di grup zen dulu.

Well, cukup sekian tulisan #KenapaMilihZenius dari gua. Semoga bermanfaat. Dan Good Luck buat kalian yang bakal ikut SBMPTN 2018. See you on top!

No comments:

Post a Comment