Sunday 20 January 2019

Gagal Manajemen Waktu, Gagal Meraih Impian

Kenalin, Gua Andre seorang alumus SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang dulu sempet mimpi pengen kuliah di PTN ternama. Dulu sih waktu kelas 10 sampe kelas 11 gua gak mau tuh lanjutin ke pendidikan tinggi, tapi semenjak Praktek Kerja Lapangan (PKL) pas bulan Juni – September yang kebetulan gua PKL di suatu PTS di Kota Bandung, gua jadi sering liat aktivitas-aktivitas mahasiswa dan singkat cerita karena sering beraktivitas di kampus menjadi turning point bagi gua buat gak skeptis lagi sama pendidikan tinggi dan pengen lanjut buat kuliah.


Tapi emang sih kuliah di PTN merupakan sebuah impian yang mungkin keliatan impossible saat itu dan bakal susah diraih mengingat gua gatau apapun tentang materi-materi SMA (jangankan materi SMA, materi SMK pun banyak yg gak gua ngerti WKWKWK). Jadi dapat disimpulin gua bukanlah anak yang pinter dan gak cukup rajin buat ngejar materi-materi SMA yang seabreg itu.


Lalu di saat jeda istirahat pas PKL, gua lagi maen facebook tuh dan kebetulan di sisi kanan web facebook ada iklan zenius.net yang mencolok dengan warna kuning-hitam khasnya itu. Dan setelah gua klik dan liat video-video trialnya, kayaknya inilah jawaban buat ngejar materi SBMPTN. Ya, tanpa pikir panjang Gua memutuskan buat beli Zenius Xpedia 2.0 IPA saat itu. Langsung gua pantengin Zenius Guide sampai khatam selama kurang lebih 1 bulan wkwkwwk, terus lanjut ke materi-materi TKPA dan lalu lanjut di TK………PA lagi HAHAHA karena entah kenapa gua takut banget nyentuh TKD Saintek karena ngerasa masih bego wkwkwkw dan tiap TO TKPA pun nilainya masih segitu-gitu aja. Gua baru berani nyentuh TKD pas januari/februari 2016 tepat saat gua lagi chaos sama Ujian-ujian yang ada di SMK dimana ujiannya lebih banyak dibanding ujian anak SMA, belum lagi pemantapan dan TO buat UN juga, dan juga serangkaian latihan band buat ngisi natal sama ujian seni budaya. Jelas gua kelabakan banget dan gak bisa belajar SBMPTN dengan serius karena gua paling gak bisa nge-manage waktu dengan benar disertai mulai ada rasa menyerah buat belajar SBMPTN karena nilai TO Bimbel (ya, gua memutuskan untuk ikut bimbel yang hasilnya gak terlalu ngebantu banyak juga) yang gak jauh dari Passing Grade belasan dan 20-an doang.


Dan hasilnya pun bisa ditebak. Gua gagal SNMPTN karena kalah saing sama anak SMA, dan juga gagal SBMPTN, UTUL UGM, dan USM ITB Cirebon. Gua rasa wajar sih gagal karena gua ngambil PTN yang posisinya ada di empat besar kampus terbaik di Indonesia sedangkan gua masih jauh dari kata layak untuk bersaing merebut kursi PTN itu. Sedangkan UN gua ada di rank ke 27 dari kurang lebih 400 orang angkatan gua, yaa bisa dikatakan cukup lah yak karena persiapan SBMPTN kemaren secara ga langsung ngebantu buat UN juga.


Pasca kegagalan demi kegagalan meraih kursi PTN di tahun 2016, gua memutuskan untuk Gap Year dan ikut tes lagi di 2017. Keputusan gua didukung ortu gua dan masa Gap Year gua diisi dengan ikut beberapa seminar sembari mengikuti bimbel yang ada di Jl. Ambon, sekitaran Kawasan Bandung Utara. Nama bimbelnya diawali huruf S dan huruf belakangnya C wkwk. Karena gua orang Kabupaten yang agak jauh dari Kota gua pun memutuskan ngekos biar belajarnya gak keganggu capeknya pulang pergi rumah-bimbel. Tapiiii karena ndableg nya gua ya wacana hanyalah sekadar wacana, gua masih aja males-malesan belajar buat SBMPTN karena tergoda oleh waktu yang masih panjang lah, sering ngobrol ga jelas sama temen lah, dan lain sebagainya. Sepanjang satu semester Gap Year, otak gua masih belum banyak keisi pelajaran-pelajaran saintek, terutama Kimia yang masih gua takutin saat itu. Gap Year ternyata gak mudah kawan-kawan! Perlu perencanaan dan time management yang baik agar supaya kita tidak terdistraksi dan fokus ke tujuan awal nge-Gap Year : LOLOS KE PTN. Gua baru mulai bikin rencana belajar yang dishare Glenn di SINI sekitar bulan Januari 2017. Gua ter-trigger nilai TO semester satu di bimbel yang masih aja di angka 20-an, gua gak mau dong harus gagal lagi, dan buang-buang satu tahun umur gua untuk sebuah kesia-siaan. Gua mulai rutin belajar sesuai jadwal (gua lupa file jadwal belajar gua dimana wkwk sorry gak bisa gua tampilin), belajar yang bener-bener belajar yaitu buat nyari ilmunya bukan buat lolos PTN doang, sesuai petuah Sabda.


Setelah mulai fokus dan belajar bener-bener di awal tahun 2017, gua sakit dong wkwkwk. Karena pas Gap Year gua gak terlalu mentingin kesehatan jadi gini nih. Belajar dengan forsir yang besar ternyata otak butuh asupan oksigen yang banyak, caranya memenuhi kebutuhan oksigen yang banyak itu ya dengan rutin olahraga. Karena jarang olahraga ini yg bikin pas gua mulai agak rajin belajar gua sering sakit wkwk. Bulan Februari-Mei kondisi kesehatan gua naik turun dan seringkali skip bimbel, Padahal semangat belajar SBMPTN lagi tinggi-tingginya. Bahkan di H-9 gua sakit parah sampe harus pulang dan ga bisa ngekos lagi. Untungnya H-2 gua bisa sembuh dan akhirnya bisa ikut SBMPTN. Btw di tahun 2017 gua ambil jurusan PWK di tiga PTN yg rank kampusnya ada di 5 besar, wkwkw emang dasarnya gak tau diri tapi gua gak mau dong sia-siakan kesempatan kedua ini daripada nyesel masuk kampus yang gak gua inginkan sama sekali.


 masih gatau diri juga emang pilihannya wkwk

Singkat kata selesailah SBMPTN 2017. Gua ngisi saintek 15/60, emang sih dikit banget tapi gua masih yakin bisa lolos karena gua isi yang gua yakin bener, dan dari cerita temen-temen pun ada yg lolos dengan ngisi saintek belasan doang. Sedangkan TKPA gua cukup yakin denga ngisi 41 soal TPA, 13 Soal B. Indo, 8 Soal B. Inggris dan 5 soal Matdas. Gua gak ikut tes mandiri PTN manapun karena faktor ijazah SMK yang gua punya gak memenuhi syarat memilih jurusan yang gua mau. Akhirnya untuk mengisi kegabutan menunggu hasil SBMPTN gua ikutin satu ujian mandiri PTS buat cadangan, dan hasilnya gua lolos. Yaa Walau mungkin berat rasanya kalo misalnya gua gagal di SBMPTN dan harus kuliah di PTS, at least ilmu dan wejangan-wejangan dari tutor zenius bisa ngebantu gua di kehidupan setelah perkuliahan dan bikin gap gua ada gunanya.


Sudah empat minggu menunggu, keluarlah hasil SBMPTN 2017. dan akhirnya gua lolos…………………….. , di pilihan ketiga. Pas gua buka gua seneng banget banget bangetttttt awalnya, mengingat latar belakang sekolah dan banyaknya distraksi selama Gap Year kemaren. Tapi setelah gua daftar ulang ke kampus yang mau nerima gua ini, gua nyesel. Semakin nyesel dan juga kesel liat temen-temen gua pada daful di ITB, tempat kuliah yang paling gua impi-impikan dari awal niat gua buat mutusin pengen kuliah. Nyesel gak pake zenius secara serius sejak awal gua kenal sama zenius. Karena gua gak mengalami kasus umum yang sering terjadi : nyesel pake zenius karena telat kenal zenius. Gua udah kenal zenius dari awal kelas 12, waktu yang sangat ideal buat ngejar ketertinggalan gua. Gua bisa dapet Xpedia yang harganya cukup mahal, hal yang mungkin gak bisa didapatin semua orang. Gua bisa dengan mudahnya dapat restu ortu buat Gap Year terus dibayarin bimbel pula sama dikasih izin buat ngekos, hal yang mungkin sangat susah didapatin temen-temen gua yang gak dibolehin Gap Year dan harus kuliah di tempat yang mereka gak inginkan. Gua dapet semua kemudahan buat lolos di tempat yang gua impikan sejak awal, tapi gua menyia-nyiakan itu dan gak maksimal buat nyiapin SBMPTN.

Akhirnya Lolos, sih.
Namun semua udah berlalu, percuma juga ngutruk kesalahan – kesalahan gua kemaren. Gua udah di tempat yang terbaik menurut Tuhan. ITS masih tergolong bagus kok, bagus banget malahan (ea mulai dah arogansi wkwk). Walau terkadang masih iri sama temen-temen yang lolos ke ITB, bahkan agak minder minder malu gimana gituuu pas gua main ke ITB wkwkwkw. Bahkan gua sempet ikut lagi SBMPTN loh tahun kemaren, dan gagal lagi wkwk. (Gua pengen nih ceritain soal ini tapi keknya kepanjangan kalo cerita disini, mungkin gua bakal nulis lagi di lain waktu).


Hikmah yang bisa gua dapet dari Gap Year gua kemaren adalah gua harus bisa manajemen waktu dengan baik, walau sampe sekarang masih amburadul tapi gua udah berusaha memperbaiki hal ini karena makin tua naik jumlah semester yang gua lalui tentu lebih banyak kegiatan dan lebih susah tingkat kesulitan matkul yang akan gua hadapi, dimana untuk survive perlu time management yang bener. Eh karena zenius ngajarin buat belajar bukan untuk ngejar nilai pun gua udah mulai gak mentingin nilai, karena yang terpenting adalah ilmu serta logical and critical thinking-nya yang lebih berguna buat kehidupan pasca kampus. walau emang bakal sedih juga sih kalo IP yang terpampang di sistem informasi akademik tidak sesuai ekspekstasi wkwkwk :(.


Mungkin itu doang yang bisa gua share kenapa gua nyesel ga manfaatin waktu sebaik mungkin buat pake zenius lebih lama. pesan buat kalian yang baca tulisan ini dan mau SBMPTN ( nasihat ini buat buat gua juga sih :))) ). Pertama dan yang utama jangan nunda nunda deh kalo mau belajar. Ada waktu luang sikat buat belajar, terutama buat kalian yang ngincer jurusan dan kampus yang persaingannya ketat. Terus rajin olahraga itu penting buat jaga kondisi tubuh dan memenuhi suplai oksigen buat otak lo. Dan jangan lupa bikin mind map dan sering-sering review. Mind map penting biar “alur cerita” pelajarannya bisa dimengerti dengan lebih mudah, terus review penting biar gak lupa ama apa yg udah lo pelajarin. Dan yang menurut gua gak kalah penting, cari temen belajar, kalo bisa yg pake zenius juga. At least lu bisa belajar bareng dan bertukar pikiran hehehe. Semangat!!!

Nb : Maaf tampilan blognya b aja wkwkw 

No comments:

Post a Comment